Who Is The Best? Who Is The Best? | Sharing Moments Who Is The Best? | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Selasa, 15 Mei 2012

Who Is The Best?


English Premier League baru saja berlalu, menyisakan drama yang pantas dikenang terutama buat pendukung Manchester City dan tentunya ada juga beberapa catatan menarik. Postingan kali ini saya iseng membandingkan catatan yang dibuat oleh 3 orang pemain yang kebetulan menguasai puncak daftar top skor, dan pastinya mereka jadi andalan bagi klubnya masing-masing. Mereka adalah Sergio Sergio Aguero, Wayne Rooney dan si pemuncak daftar pencetak gol Robin Van Persie.

Sepanjang musim ini Kun Aguero dan Wazza (nama panggilan Wayne Rooney) sama-sama dimainkan dalam 34 pertandingan sementara Robin Van Persie (RvP) dimainkan sebanyak 38 kali oleh Arsene Wenger. Yang membedakan antara Kun Aguero dan Rooney yaitu jumlah pertandingan kandang-tandang, dimana Aguero lebih banyak memainkan partai tandang yaitu 18 kali dibanding 16 kali partai kandang sementara Rooney sama-sama dimainkan 17 kali dalam partai kandang maupun tandang.

Untuk urusan mencetak gol, RvP jelas unggul dibandingkan kedua pemain lainnya, dengan torehan 30 gol musim ini RvP merupakan pencetak gol terbanyak musim 2011/2012, Rooney berada tepat dibawahnya dengan raihan 27 gol dan Aguero ditempat ketiga dengan 23 gol. Untuk akurasi tembakan RvP juga memimpin dengan 82 shot on goal berbanding 174 total tembakan (47%), Rooney setia membuntuti dengan akurasi 45% (70 dari total 157 tembakan) dan Aguero menyusul dengan 40% (52 dari 130 tembakan).  Sementara untuk urusan rasio gol yang berhasil diciptakan dari shot on goal tadi justru Aguero memimpin dengan 44%, dimana 23 gol dihasilkan dari 52 shot on gol kemudian disusul Rooney 39% (27/70) dan justru RvP ada diposisi ketiga dengan 37% (30/82), jadi bisa dibilang Aguero lebih efektif dari ketiganya. Rooney unggul dalam hal memproduksi tembakan yaitu rata-rata 4,6 tembakan per pertandingan, RvP 4,5 per pertandingan dan Aguero sebanyak 3,8 per pertandingan ada ditempat ketiga. Untuk urusan assist RvP kembali memimpin ketiganya dengan 9 assist sepanjang musim 2011/2012 ini, Aguero ditempat kedua terpaut hanya 1 assist sementara Rooney berada di posisi ketiga dengan 4 assist.

Selama musim ini dari ketiganya tidak ada yang berhasil mencetak lebih dari 3 gol per pertandingan. RvP dan Rooney berhasil mencetak 2 kali hattrick masing-masing dikandang dan pada pertandingan tandang. RvP melakukannya pada saat pertandingan kandang melawan Blackburn yang berkesudahan 7-1 untuk Arsenal, kemudian pada pertandingan tandang melawan Chelsea yang dimenangkan Arsenal dengan skor 3 – 5 (buat saya ini salah satu comeback terbaik Arsenal). Rooney mencetak hattrick pada saat pertandingan tandang melawan Bolton yang berkesudahan 0 – 5 untuk United dan satu lagi saat menggilas Arsenal di Old Trafford dengan skor 8 – 2. Sementara Aguero hanya berhasil mencetak hattrick sebanyak 1 kali yaitu saat memborong 3 gol kemenangan tanpa balas City atas Wigan yang dimainkan di Etihad Stadium.

Lanjut ya :), RvP dan Aguero sama-sama gagal mencetak gol dalam 18 pertandingan sementara Rooney tidak mencetak gol dalam 17 pertandingan yang dilakoninya. Dari 18 pertandingan tanpa mencetak gol yang dijalani Aguero 5 diantaranya adalah pertandingan kandang yaitu saat melawan United, Tottenham, Arsenal, Wolves dan Everton. Sementara RvP menjalani 8 laga kandang tanpa gol yaitu saat menghadapi Chelsea, Wigan, Man. City, Aston Villa, Wolves, Fulham, Swansea dan Liverpool. Rooney sendiri gagal mencetak gol di 7 laga kandang yaitu saat berhadapan dengan Swansea, Bolton, Wigan, Newcastle, Sunderland, Man. City dan Norwich. So Aguero tidak berhasil membobol gawang Arsenal maupun United di Etihad Stadium sementara RvP dan Rooney tidak berhasil menjebol gawang City dikandang masing-masing, unik kan J.

Dari 18 pertandingan tanpa gol yang dilakoni Aguero selama musim ini 5 diantaranya berujung pada kekalahan Man. City yang merupakan total kekalahan yang dialami City musim ini dimana semuanya terjadi diluar kandang, dan dari 4 pertandingan yang dijalani City tanpa memainkan Aguero tidak satupun mengalami kekalahan.  Sementara dari 17 pertandingan nil gol 4 diantaranya berbuah kekalahan buat United, dan dari 4 kali Rooney tidak dimainkan United mengalami kekalahan 1 kali yaitu saat menghadapi Blackburn yang justru dimainkan di Old Trafford. Arsenal sendiri mengalami 7 kekalahan dimana RvP tidak berhasil mencetak gol. Arsenal sendiri selalu memainkan RvP sepanjang musim ini, dimana 1 kali masuk sebagai pemain pengganti dan 3 kali digantikan itupun pada menit-menit akhir pertandingan. Terlihat kan bagaimana ketergantungan klub masing-masing pada ketiga pemain tersebut.

Sebagai tambahan saja, untuk tingkat disiplin RvP menjadi yang teratas dengan catatan meraih 8 kartu kuning sepanjang musim ini, menyusul Aguero dengan 2 kartu kuning dan Rooney 1 kartu kuning. Ketiga pemain tersebut tidak ada yang mendapatkan kartu merah sepanjang musim ini.

Segitu dulu ya sedikit oret-oretan untuk tiga pemain tersebut, menurut anda siapa yang layak menyandang pemain terbaik English Premier League????

1 komentar:

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...