Serba-Serbi Piala Eropa Serba-Serbi Piala Eropa | Sharing Moments Serba-Serbi Piala Eropa | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Senin, 04 Juni 2012

Serba-Serbi Piala Eropa


Final Euro 2012 tinggal menghitung hari, sambil menantikan pertandingan final tersebut dimulai saya coba liat beberapa catatan menarik tentang piala eropa tersebut.

Piala Eropa pertama kali diadakan pada 1960 di Perancis, yang idenya pertama kali dicetuskan oleh Henri Delaunay (Ketua PSSI-nya Perancis kala itu), untuk itulah tropi ini dinamakan Tropi/piala Hendri Delaunay. Beliau juga yang memprakarsai  perhelatan Piala Dunia bersama-sama dengan Jules Rimet. Pada perhelatan pertama ini piala diraih oleh Uni Sovyet dengan mengalahkan Yugoslavia 2-1 melalui babak perpanjangan waktu, gol-gol Uni Sovyet diciptakan oleh Metreveli dan Ponedelnik sementara gol Yugoslavia diciptakan oleh Galic. Pemain legendaris Uni Sovyet Lev Yashin bermain saat itu. Final sendiri dimainkan di stadion Parc des Princes, Paris.

Fase berikutnya adalah saat format juara ke-tiga dihapuskan, yaitu pada tahun 1984. Piala Eropa kala itu digelar kembali di Perancis, dan tuan rumah berhasil meraih tropi Piala Eropa untuk pertama kalinya. Selain itu ini merupakan keikutsertaan pertama kali Perancis setelah Piala Eropa pertama yang juga digelar di Perancis tahun 1960. Di Final Perancis mengalahkan Spanyol dengan skor 2-0. Gol-gol Perancis dicetak oleh Platini dan Bellone. Final juga dimainkan di stadion Parc des Princes, Paris seperti ketika pada final Piala Eropa pertama. Michel Platini menjadi top skor dengan total 9 gol dari 5 laga diikuti oleh Frank Arnesen dari Denmark.

Masih ingat gol Marco Van Basten yang fenomenal itu? Gol tersebut diciptakan kala menghadapi Uni Sovyet di stadion Olympia, Munich pada final Euro 1988. Itu menjadi tropi pertama Belanda dan satu-satunya sampai saat ini dimana mereka mengalahkan Uni Sovyet 2-0. Selain Van Basten satu gol lagi diciptakan oleh Ruud Gullit.

Piala Dunia 1996 merupakan fase berikutnya dimana jumlah peserta bertambah menjadi 2 kali lipat yaitu 16 peserta dari sebelumnya 8 peserta, logo Piala Eropa-pun berubah motif dari yang sebelum-sebelumnya.  Selain itu pada Piala Eropa kali ini juga menggunakan sistim Golden Gol bila pertandingan berlangsung seri pada waktu normal 2 x 45 menit. Oliver Bierhoff menjadi aktor  lapangan hijau yang membukukan namanya dalam tinta sejarah persepakbolaan (Piala Eropa) dengan menjadi orang pertama yang mencetak golden gol  pada final Piala Eropa. Gol Bierhoff kala itu dicetak pada menit ke-95 dan berhasil menghantarkan Jerman menyandang gelar ketiga atau pertama setelah Jerman bersatu (dahulu terbagi menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur) dengan mengalahkan Republik Ceko 2-1, kedua gol Jerman dicetak oleh Bierhoff.
Kemudian pada pagelaran Piala Eropa berikutnya tahun 2000 adalah pagelaran pertama yang diadakan di 2 negara secara bersamaan (Belanda dan Belgia). Pada Piala Eropa ini Perancis meraih tropi ke-2 nya dengan mengalahkan Italia 2-1 di final yang dimainkan di Stadion De Kuip, Rotterdam. Gol kemenangan Perancis diraih melalu drama Golden Gol  yang dicetak Trezequet pada menit ke-103, lebih dramatis lagi karena gol penyeimbang Perancis dicetak Sylvain Wiltord pada menit 90+4 (menit ke-4 injury/addtional time). Top Skor kala itu diraih pemain Perancis lainnya Patrick Kluivert.

Pada tahun berikutnya tahun 2004 Yunani membuat kejutan dengan mengalahkan Portugal 1-0 lewat gol Charisteas di menti 57 pada pertandingan final dan merebut trofi Piala Eropa pertama bagi Yunani. Sebelumnya Portugal juga dijungkalkan Yunani di babak penyisihan grup dengan skor 2-1 dimana gol-gol Yunani dicetak Giorgios Karagounis dan Angelos Basinas sementara gol Portugal dicetak Christiano Ronaldo. Pada Piala Eropa ini Yunani bermain efektif kalo tidak mau dibilang bertahan habis dan mengandalkan serangan balasan, hal ini terlihat dari statistik bahwa pada fase knockout kemenangan yang mereka raih selalu dengan skor 1-0 lewat gol yang dihasilkan dari sundulan kepala. Masing-masing tim yang dikalahkan adalah Perancis, Republik Ceko dan Portugal. Pada tahun ini juga diperkenalkan Silver Goal¸jika pertandingan berlangsung seri dalam waktu normal (2 x 45 menit) maka tim yang memimpin pada 15 menit pertama perpanjangan waktu akan meraih kemenangan.

Sebelum kelupaan ada juga kejutan pada Piala Eropa 1992 yang diadakan di Swedia. Ketika itu Denmark menjadi peserta Piala Eropa karena menggantikan Yugoslavia yang tengah bergolak dan terjadi perang saudara disana berhasil memboyong Piala Eropa ke negaranya. Denmark merupakan runner-up dibawah Yugoslavia dalam babak penyisihan Piala Eropa kala itu. Pada Piala Eropa ini juga merupakan masa transisi Uni Sovyet sebelum pecah dan akhirnya menjadi beberapa negara. Mereka saat itu diwakili oleh CIS (Commonwealth of Independent State) sebelum nantinya terbentuk tim Nasional mereka sendiri. Pemain-pemain CSI terdiri dari  Rusia, Ukraina, Belarusia, Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kyrgyzstan, Armenia, Azerbaijan, Moldova, dan Tajikistan. Denmark menjadi juara setelah mengalahkan Jerman di final dengan skor 2–0 lewat gol-gol dari John Jensen dan Kim Vilfort, hal ini lah yang membuat mereka dijuluki Tim Dinamit.

Itu kira-kira kilasan dari Piala2 Eropa sebelumnya. Fakta-fakta lain tentang Piala Eropa yaitu:

Jerman merupakan Negara pengoleksi gelar Piala Eropa terbanyak dengan 3 gelar.

Ada 7 negara yang pernah menjadi tuan rumah tapi belum pernah merasakan nikmat gelar juara mereka adalah Belgia (1972, 2000), Yugolavia (1976), Swedia (1992), Inggris (1996), Portugal (2004), Austria (2008) dan Swiss (2008). Bahkan Inggris belum pernah sama sekali mencicipi final, bersama dengan Swedia, Austria dan Swiss.

Ada 4 negara yang telah berhasil meraih gelar juara namun belum pernah menjadi tuan rumah Piala Eropa, mereka adalah: Rusia (dahulu Uni Sovyet), Republik Ceko, Denmark, Yunani.

Belum pernah ada Negara yang berhasil mempertahankan gelar juara pada perhelatan Piala Eropa musim berikutnya. Mampukah Spanyol menghapuskan catatan tersebut? bisa jadi...qeqeqe

Setelah menjadi Runner-up pada musim berikutnya Jerman selalu berhasil meraih gelar Juara Piala Eropa. Tahun 1976 Jerman menjadi Runner-up setelah dikalahkan Cekoslovakia, ditahun berikutnya mereka meraih gelar juara dengan mengalahkan Belgia. Tahun 1992 Jerman dikalahkan Denmark di final dan pada pagelaran berikutnya di Inggris mereka meraih gelar dengan mengalahkan Republik Ceko (Revenge 1976). Nah tahun 2008 lalu Jerman dikalahkan Spanyol di final, akankah mereka meraih gelar juara tahun ini? Dengan mengalahkan Denmark mungkin? sebagai revenge dari kekalahan mereka di final Euro 1992?? Who Know...hehehe

Eropa Timur baru mendapatkan 1 kali kesempatan menjadi tuan rumah, ketika itu diadakan di Yugoslavia, dimana gelar juara diboyong sesama negara Eropa Timur yaitu Cekoslovakia.

Dari 13 kali kesempatan Eropa Barat menggelar Piala Eropa hanya sekali Eropa Timur berhasil merebut juara, yaitu pada Piala Eropa pertama di Perancis tahun 1960. Saat itu gelar juara diraih Uni Sovyet.

Dari 16 peserta Piala Eropa 2012 7 negara diantara belum pernah mencicipi gelar juara, mereka adalah: Kroasia, Inggris, Portugal, Republik Irlandia, Swedia, dan tuan rumah Polandia serta Ukraina.
Jerman juga menjadi negara paling sering tampil di final yaitu 6 kali dimana 3 diantaranya berturut-turut 1972, 1976, 1980, 1992, 1996, 2008.


Jerman juga menjadi Negara paling sering tampil di putaran final Piala Eropa yaitu 11 kali, masing-masing pada tahun 1972. 1976, 1980. 1984. 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012. Mereka hanya absen di 3 putaran final Piala Eropa pertama.


Otto Rehhagel asal Jerman menjadi satu-satunya Manajer/Pelatih yang bukan berasal dari Negara yang sama dengan negara yang meraih gelar juara Piala Eropa. King Otto meraihnya bersama Yunani pada tahun 2004.

Jika Iker Casillas dan Olof Mellberg dimainkan pada Piala Eropa 2012 ini maka ia menjadi pemain yang paling sering tampil di Piala Eropa yaitu 4 kali (2000, 2004, 2008, 2012) bersama-sama dengan 6 pemain lainnya yaitu: Lothar Matthaus, Peter Schmeicel, Aron Winter, Alessandro Del Piero, Edwin Van der Sar dan Lilian Thuram.

Iker Casillas juga akan mencatatkan rekor lain seandainya dia berhasil membawa Spanyol meraih gelar juara Piala Eropa. Dia akan jadi orang pertama yang berhasil meraih gelar Piala Eropa sebanyak 2 kali.

Inggris merupakan satu-satunya negara peraih trofi Piala Dunia yang belum pernah merasakan gelar juara. Prestasi terbaik mereka adalah sekali berada di posisi 3 yaitu pada Piala Eropa 1968 di Italia.

Republik Irlandia baru tampil lagi di putaran final Piala Eropa setelah putaran final Piala Eropa 1988 atau 24 tahun lalu. Mereka menyusul Perancis dan Yunani yang sama-sama baru tampil lagi di Piala Eropa setelah 24 tahun lalu.

Michel Platini merupakan pencetak gol terbanyak putaran final Piala Eropa dengan 9 gol disusul Alan Shearer dengan 7.

Ada 4 Piala Eropa dimana top skor bukan berasal dari negara peraih gelar juara, masing-masing pada Piala Eropa tahun 1968, 1976, 1996, 2004.
 
Well segitu dulu ya fakta-fakta menarik mengenai Piala Eropa. Dilanjut nanti lagi, saya mau pulang dulu.

1 komentar:

  1. Terima kasih kamu sudah memasang widget backlink NGEBLOG™ di site milik kamu.

    Salam hangat dari saya admin NGEBLOG™

    BalasHapus

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...