"El Clasico" Manchester United versus Liverpool "El Clasico" Manchester United versus Liverpool | Sharing Moments "El Clasico" Manchester United versus Liverpool | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Rabu, 09 Januari 2013

"El Clasico" Manchester United versus Liverpool

Jelang pertandingan derbi North West Liga Inggris antara Manchester United versus Liverpool yang ke-187 musim 2012/2013 ini kita lihat beberapa catatan mengenai Red Derbi yang rencananya akan dipimpin oleh wasit Howard Webb tersebut yuk…

Pertandingan yang akan dimainkan pada 13 Januari 2013 jam 20.30 WIB di Old Trafford tersebut merupakan laga ke 187 dan merupakan laga ke 80 dimana Manchester United bertindak sebagai tuan rumah. Dari 186 pertandingan sebelumnya Manchester United memenangkan 73 sementara Liverpool memenangkan 62 pertandingan dan sisanya 51 pertandingan berkesudahan seri.

Dari 79 laga yang sudah dimain saat Manchester United menjadi tuan rumah rekor berpihak pada MU dengan 39 menang, 25 seri dan Liverpool hanya memenangkan 15 pertandingan. Untuk pertemuan di Liga Inggris, dari 159 kali pertemua rekor juga berpihak pada United dengan memenangkan 62 laga, 44 kali seri dan 53 laga dimenangkan Liverpool.

Kemenangan terbesar dalam duel Derbi North West ini terjadi pada pertemuan resmi pertama saat Liverpool mengalahkan Manchester United yang saat itu masih bernama Newton Heath di Anfield Stadium 12 Oktober 1895, dengan skor akhir 7-1 untuk Liverpool.

Pemain terakhir yang pernah bermain untuk kedua klub adalah Michael Owen, sebelumnya ada Peter Beardsley dan Paul Ince. Namun pemain terakhir yang langsung berpindah klub diantara keduanya adalah Phil Chisnall yang pindah dari Manchester United ke Liverpool seharga 25 ribu poundsterling pada April 1964.

Banyak kisah yang sudah mewarnai “El Clasico” versi Liga Inggris ini, mulai dari isu rasis yang melibatkan Luis Suarez dan Patrice Evra, sampai keputusan-keputusan kontroversial sang pengadil di lapangan, seperti yang terjadi kala Howard Webb memimpin pertandingan FA Cup 9 Januari 2011 yang juga berlangsung di Old Trafford. Kala itu pada menit ke-2 Manchester United mendapatkan pinalti yang dieksekusi dengan baik oleh Ryan Giggs. Pinalti diberikan setelah Daniel Agger melanggar Dimitar Berbatov di kotak pinalti Liverpool. Tak cuma itu, Howard Webb juga mengganjar kapten Liverpool, Steven Gerrard dengan kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Michael Carrick.

Kesuksesan Manchester United mendobrak kemapanan Liverpool di era 90-an takdipungkiriberkat tangan dingin sang Gaffer, Alex Ferguson. Dari 73 kemenangan Manchester United atas Liverpool 28 (38%) diantaranya kala diarsiteki pria kelahiran Glasgow, Skotlandia 71 tahun silam. Pria yang merupakan manager terlama yang menukangi satu klub di Liga Inggris tersebut merupakan legenda bagi Manchester United, bersama United pria yang mendapatkan gelar Officer of the Order of The Bristish Empire (OBE) tahun 1983 kemudian gelar Commander of the Order of The British Empire (CBE) tahun 1995 dan gelar Knight Bachelor (Kt.) tahun 1999 dari Kerajaan Inggris tersebut telah mengoleksi 37 gelar domestik dan Internasional. Sebelumnya Sir Alex Ferguson meraih 1 titel bersama St. Mirren di Divisi Satu Liga Skotlandia dan 10 titel bersama Aberdeen di berbagai ajang domestik dan internasional.

Mengingat disaat yang bersamaan Manchester City yang merupakan rival terdekat Manchester United dalam perburuan gelar musim 2012/2013 ini akan menghadapi Arsenal di Emirates Stadium tak pelak menjadikan hasil laga Manchester United kontra Liverpool ini bisa jadi menentukan hasil akhir Liga Inggris nanti. Sampai dengan pekan ke-21 ini United masih memimpin dengan 7 poin dari rival sekotanya tersebut.

Pada pertemuan pertama di Anfield, United berhasil menumbangkan Liverpool dengan skor akhir 2-1. Dalam laga yang dipimpin wasit Mark Halsey tersebut Jonjon Shelvey (Liverpool) diganjar kartu merah pada menit 39 setelah melanggar Jonny Evans. Gol kemenangan United dicetak Robin Van Persie pada menit ke-81 melalui titik pinalti, Pinalti diberikan setelah wasit mengganggap Glen Johnson melanggar Antonio Valencia.

Oh iya, laga ini juga menjadi persaingan Robin Van Persie dan Luis Suarez sebagai pencetak gol terbanyak liga Inggris, RvP sementara memimpin dengan 16 gol disusul Suarez dengan 15 gol. RvP telah bermain 21 kali dengan total 1.666 menit sementara Suarez telah bermain dalam 20 pertandingan dengan total 1.797 menit. Akurasi tembakan RvP sampai dengan minggu k eke-21 ini yaitu 50,8% sementara Suarez 45,7%. Sementara untuk assist Gerrard telah melakukan delapan assists disusul Rooney dengan 7 assists dan RvP dengan 6 assists. 

Dengan sejarah pertemuan dan rivalitas yang panjang pertandingan Manchester melawan United selalu menjadi pertandingan yang seru dan wajib ditonton bagi penikmat sepakbola. Maka jangan lewatkan laga ini yang akan disiarkan secara langsung oleh GlobalTV pada hari minggu, 13 Januari 2013 jam 20.30 WIB.

Happy Watching.....

0 comments:

Poskan Komentar

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...