Gowes.... Gowes.... Gowes.... Gowes.... Gowes.... Gowes.... | Sharing Moments Gowes.... Gowes.... Gowes.... | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Kamis, 03 Januari 2013

Gowes.... Gowes.... Gowes....

Baru dapat kesempatan menulis kembali di blog setelah lama disibukan dengan pekerjaan. Sebenarnya beberapa kali ingin menulis tentang pengalaman punya hobi baru bergowes ria selain hobi moto-moto, cuma baru bisa terwujud sekarang ini…heuheu…..

Gowes memang hobi yang menyenangkan dan menyehatkan, cukup seminggu sekali cukup mengembalikan kebugaran tubuh setelah seminggu diserang rasa penat menghadapi pekerjaan dan kondisi jalanan Jakarta. Apalagi kalo gabung sama komunitas bersepeda yang suka ngocol menjadi lengkap karena dikala rehat sambil santai-santai diisi joke-joke yang menyegarkan.

Tiga bulan bergabung bersama Valencia Bikers Community yang merupakan komunitas bersepada perumahan Valencia, Graha Raya Bintaro sudah tiga kali saya ikut touring, ini belum termasuk acara rutin mingguan melintasi JPG alias Jalur Pipa Gas yang berlokasi di Bintaro. Touring pertama ke TW (Telaga Warna) Puncak kemudia bulan berikutnya melintasi jalur jalan rata menuju Senayan dan turing yang terakhir kembali melintasi jalur jalan raya menuju Sawangan.

Telaga Warna (TW)
Belakangan saya tau kalo jalur yang dilintasi merupakan jalur TW5 karena di Puncak sendiri ada beberapa trek yang saya tau diantaranya TW, TW3, TW5, RA (Rindu Alam) klasik, NuRA, Kondangan, Piramid dan mungkin masih banyak trek yang lain. Jangan tanya saya mengenai trek selain TW5 karena saya tidak tau sama sekali. Trek TW5 pun saya tidak ingat seluruhnya…hahaha….

Sebagai newbie ketika berangkat saya taunya sepedaan model fun bike, atau paling kaya trek JPG lah, eh ternyata trek TW5 bener-bener beda. Tanjakannya curam, turunannya pun gak kalah curam. Melewati sungai, jembatan, kebun teh, kelokan yang tak terbilang jumlahnya plus saat itu hujan lumayan deras. Alhasil petualangan turing pertama tersebut sangat mengesankan.

Lah kalo mengesankan kenapa lupa treknya? Gimana gak lupa, tak satupun dari peserta turing yang tau trek disana, meleset dari rencana awal yang menyertakan marshall yang paham trek di TW namun berhubung satu dan lain hal maka marshall urung memandu peserta turing. Jadilah kita bak Ninja Hatori, mendaki gunung…lewati lembah…sungai mengalir Indah…bertualang….. Ini belum termasuk pompa ban padahal ban yang ketinggalan di mobil sementara serepnya sendiri dibawa… hehehehe...

Nah karena gak satupun dari kita yang tau trek jadinya kita acapkali bertanya ke penduduk setempat jika dirasa perjalanan mulai “terasa” nyasar. Acung jempol buat masyarakat setempat yang begitu humble dan bersahabat, bahkan saat kita menuju jalan buntu mereka tak segan-segan berteriak supaya kita berhenti dan balik arah. Ada juga peserta yang sempat terjatuh, bahkan ada peserta turing yang terjatuh sampai tiga kali. Tapi semuanya itu bisa dilewati dengan selamat dan lancar, benar-benar berkesan. Sepertinya suatu saat kita harus kembali ke trek ini atau mencoba trek yang lain.
Lain kesempatan kalo ada waktu saya ceritakan perjalanannya ya *smile.

Senayan
Turing berikutnya menuju Parkir Timur Senayan, berhubung waktu itu ada Festival Kuliner Nusantara dalam rangka ulang tahun ke-55 Pertamina. Nah kalo yang ini bener-bener fun bike, treknya dah hapal ditambah tujuan akhirnya nyobain masakan-masakan nusantara jadilah turing kali ini dijalani dengan santai dan fun J. Pulangnyapun kita menggunakan kereta dari Palmerah dan turun di stasiun Sudimara lanjut gowes ke rumah. Gak banyak yang bisa diceritain karena rutenya juga relative sudah biasa dilalui.

Sawangan
Nah kalo turing yang terakhir ini cukup bervariasi, ada rute dari dalam dan rute jalan raya. Rencananya sih start dari rumah menuju trek JPG dan lanjut ke Sawangan namun berhubung malam sebelumnya hujan cukup deras mengguyur Bintaro-Serpong dan sekitarnya alhasil rute dirubah melalui jalan raya dan baru masuk ke perkampungan setelah memasuki wilayah Sawangan.

Turing inipun cukup menguras tenaga mengingat mulai lepas dari serpong cuaca cukup terik, apalagi buat peserta yang baru mengikuti turing kali ini. Kombinasi treknya buat newbie sih lumayan lah ditambah marshall merangkap tuan rumah memilih jalan memutar ketika perjalanan sebenarnya sudah mendekati titik akhir. Untungnya salah seorang peserta mengajak peserta turing mampir ke warung basonya Titoti, yup Baso Titoti yang sudah terkenal itu *smile.

Kecapean Gowes
Setiba di Sawangan kita sudah disambut hidangan ikan bakar, sop kambing dan kue-kue yang berlimpah. Selesai makan, istirahat dan sholat menjelang sore kita kembali ke rumah dengan gowes juga berhubung tenaga sudah diisi ulang. Istirahat sekali untuk menikmati es kelapa akhirnya kita tiba kembali di rumah jelang maghrib.

Sementara itu dulu kisah yang bisa saya ceritakan setelah istirahat menulis, mudah-mudahan nulisnya makin lancar...hehehehe

Sampai ketemu di turing berikutnya.....