The Extraordinary Soto Banjar The Extraordinary Soto Banjar | Sharing Moments The Extraordinary Soto Banjar | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Minggu, 29 Januari 2012

The Extraordinary Soto Banjar


Setelah dalam postingan sebelumnya saya bercerita sedikit tentang kota Banjarmasin maka kali ini saya ingin berbagi kuliner dari Banjarmasin. Kesempatan kali ini kita mulai dengan Soto Banjar yang sudah terkenal karena rasanya yang khas. Yang membedakan soto Banjar ini dengan soto pada umumnya adalah soto Banjar disajikan dengan lontong plus kentang rebus serta telur, selain itu kuahnya lebih kental.

Nah saya sempat menyicipi soto Banjar di 2 lokasi, yang pertama di kayu tangi (Jl. Brigjend. Hasan Basri) dekat kantor kejaksaan negeri Banjarmasin. Buka hanya pagi sampai siang aja, karena saking lakunya biasanya jam 2 saja sudah habis. Yang kedua katanya sih lebih terkenal yaitu Soto Banjar Bang Amat, tempatnya persis dipinggir sungai, belakangan saya tahu kalau sungai itu adalah sungai Pengambangan anak sungai Martapura. Lokasinya cukup menyenangkan dan kita bisa memilih duduk lesehan atau pakai bangku. Selain itu selama menyantap hidangan soto Banjar yang khas kita ditemani alunan musik khas Banjar yang menghibur. Tersedia juga kelotok, yaitu perahu khas Kalimantan yang bisa disewa untuk transportasi menyusuri sungai.

Kali ini saya mau berbagi soto Banjar yang ada di tepian sungai Pengambangan itu. Soto Bang Amat lumayan terkenal di Banjarmasin, dengan perpaduan bumbu-bumbu khas soto Banjar seperti rempah-rempah, kayu manis, cengkeh dan kapulaga (ini juga hasil taunya dari hasil tanya2) yang diramu didalam kuah membuat cita rasa soto Bang Amat ini khas dan menyegarkan. Bisa disajikan dengan lontong atau nasi plus suwiran ayam kampung, kebetulan karena salah memberikan order saya jadi menikmati keduanya. Dua-duanya sama-sama enak, mungkin karena memang yang bikin enak kuahnya itu, kental tapi bukan menggunakan santan, ada yang bilang kentalnya soto Banjar itu karena kuahnya diberikan susu, hhheeemmmmmm kebayang kan nikmatnya, nikmat dan berlemak….hehehehe.

Oh iya, nama tempat makannya itu Depot Bang Amat, dan menunya tidak hanya soto tapi ada juga sate yang tak kalha nikmat karena bumbunya menggunakan kacang mede bukan kacang tanah seperti kebanyakan sate pada umumnya. Dengan bumbu kacang yang lezat dan gurih itu tanpa sadar saya sudah menyantap lebih dari 10 tusuk sate, nikmatnya hidangan di depot Bang Amat benar-benar membuat lupa diri. Ini pertamakali saya melakukan perjalanan ke Banjarmasin dan depot Bang Amat membuat saya ingin selalu kembali ke Banjarmasin.

Well, secara keseluruhan hidangan di depot Bang Amat ini layak mendapatkan nilai 3.7 dari maksimum 4, mulai dari tempat, penyajian sampai rasa memberikan kesan yang menyenangkan. Untuk rasa soto Banjarnya sendiri soto yang berlokasi di kayu tangi tidak kalah nikmat dari soto Bang Amat ini, yang membedakan hanya tempat saja.

Balikpapan, 29 Januari 2012

0 comments:

Poskan Komentar

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...