Portugal Versus Spanyol Portugal Versus Spanyol | Sharing Moments Portugal Versus Spanyol | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Selasa, 26 Juni 2012

Portugal Versus Spanyol


Piala Eropa telah memasuki babak semifinal, tinggal 3 pertandingan lagi tersisa dan kita akan tahu siapakah jawara eropa, apakah akan lahir juara baru atau akan tercipta sejarah Spanyol sebagai Negara pertama yang menjadi kampiun Eropa 2 kali berturut-turut dan menyamai raihan Jerman dengan 3 gelar juara. Mampukah Jerman menambah koleksi gelar Eropanya dan semakin mengukuhkan diri sebagai Negara pengumpul Piala Eropa terbanyak, atau Italia yang menyamai rekor Spanyol dan Perancis dan menghapuskan puasa gelar Eropa selama 34 tahun? Semua akan terjawab nanti saat final yang akan digelar pada 1 Juli 2012.

Sebelum sampai ke final saya coba bedah kekuatan 2 semifinalis yang akan bermain nanti malam (ralat: tgl 27 Juni 2012 jam 20:45 waktu setemmpat atau pagi dini hari tgl 28 Juni 2012 jam 1:45 WIB), Portugal dan Spanyol. Menilik rekor sejarah Spanyol unggul jauh dengan torehan 16 kali menang, 12 kali seri dan hanya 6 kali kalah. Kurun waktu 2 dekade terakhir pertandingan antara Portugal dan Spanyol lebih banyak berakhir seri yaitu 5 kali seri, dan pada 4 pertandingan terakhir mereka saling mengalahkan dimana Spanyol 2 kali menang dan Portugal juga 2 kali menang. Spanyol meraih kemenangan di pertandingan persahabatan dan Piala Dunia sementara Spanyol di Pertandingan persahabatan dan Piala Eropa. Di Piala Eropa sendiri mereka baru 2 kali ketemu dengan hasil Portugal menang sekali dan sekali seri.

Nah itu faktor sejarah antara Spanyol dan Portugal. Untuk Piala Eropa 2012 sendiri Spanyol sudah pernah bermain sekali di Donbass Arena, Donetsk tempat semifinal melawan Portugal akan dipertandingan yaitu pada saat melawan Perancis di perempatfinal yang hasilnya sudah kita sama-sama ketahui dimenangkan Spanyol dengan skor 2-0. Sementara Portugal belum pernah bermain di Donbass Arena, jadi dari segi pengenalan lapangan tentunya Spanyol memiliki keuntungan.

Dari sisi masa istirahat Portugal memiliki keuntungan karena memainkan pertandingan perempatfinal dua hari lebih awal dari Spanyol, dengan masa istirahat 6 hari sementara Spanyol 4 hari tentunya pemain-pemain Portugal lebih bugar dan bisa mempersiapkan tim lebih lama ketimbang Spanyol.

Sejauh ini pemain andalan Spanyol Christiano Ronaldo mampu membuktikan diri dan menjawab keperceyaan manajer Paulo Bento dengan bertengger di puncak daftar Top Skor bersama-sama 3 pemain lainnya, sementara 3 pemain Spanyol membuntuti dengan 2 gol yaitu Fernando Torres, Xabi Alonso, Cesc Fabregas. Dari sisi ini Spanyol lebih merata dalam kemampuan mencetak gol pemainnya, sementara Portugal sangat mengandalkan Ronaldo, dan sejauh ini belum ada tim yang bisa mematikan pergerakan Ronaldo.
Ada 5 pemain Portugal yang bermain di liga Spanyol yang tentunya sudah merasakan atmosfir liga Spanyol dan mengenal karakter pemain-pemain Spanyol yang hamper semua pemain yang dibawa kali ini bermain di liga Spanyol, hanya 4 pemain yang bermain diluar Spanyol itupun hanya 1 yang rutin dimainkan selama Euro 2012 sebagai starter yaitu David Silva. So, ada keuntungan tersembunyi yang dimiliki Portugal yang mengenal karakter dan cara bermain Spanyol.

Dari sisi permainan keduanya memiliki gaya permainan yang mirip, Portugal yang dikenal dengan Brazil- fasih memainkan permainan tiki-taka merupakan tim yang mampu berlama-lama memainkan bola dimana catatannya cukup fantastis, dari 21 pertandingan terakhir yang dimainkan Spanyol 20 diantaranya memiliki penguasaan bola diatas 50%, dengan kebanyakan pemain bermain di liga domestik ini juga menjadi keuntungan buat Spanyol karena mereka sudah saling memahami gaya permainan masing-masing. Dengan gaya permainan yang mirip dan menyukai bermain menyerang tentunya kita berharap pertandingan lebih menarik, namun kita lihat apakah Portugal seperti kebanyakan tim yang bermain cenderung bertahan sebagai anti-theory dari gaya bermain menyerang dan aliran bola dari kaki ke kaki yang fasih dimainkan Spanyol, kalo ternyata Portugal memilih demikian maka sangat mungkin mereka akan mengalami hasil yang sama dengan tim-tim lain yang sudah dikalahkan Spanyol, dengan alasan Spanyol akan menguasai jalannya permainan dan yang kedua Portugal bukanlah tim bertahan yang memiliki dasar permainan bertahan yang bagus, sejauh ini mereka sudah kebobolan 4 gol, hanya berselisih 1 gol dari yang sudah mereka ciptakan. Spanyol sendiri tim yang seimbang, sejauh ini mereka telah mencetak 8 gol hanya kalah dari Jerman yang sudah mencetak 9 gol dan hanya kebobolan 1 yang merupakan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit.

Spanyol saat ini kekurangan stok penyerang, dari 4 pertandingan yang sudah dimainkan hanya Torres yang pernah jadi starter, sementara yang lainnya Pedro Rodriguez dan Alvaro Negredo hanya masuk sebagai pemain pengganti bahkan Fernando Llorente sejauh ini belum turun bermain dalam Piala Eropa 2012. Bahkan pada pertandingan pembuka dan pertandingan terakhir Spanyol memulai pertandingan tanpa menggunakan striker murni dan ini menjadi catatan sendiri dalam turnamen sebesar Piala Eropa. Portugal sendiri setia memainkan Postiga sebagai ujung tombak didampingi Ronaldo dan Nani dibelakangnya, jika Portugal mampu mengekploitir kecepatan dan eksplosifitas Ronaldo dan Nani mereka akan mampu mengimbangi permainan Spanyol bahkan bisa jadi meraih kemenangan. Sayangnya Postiga akan absen dalam pertandingan semifinal ini akibat cedera yang didapatnya ketika melawan Rep. Ceko, kemungkinan Silvestre Valera yang sudah 2 kali masuk sebagai pemain pengganti dan telah mencetak 1 gol akan masuk menggantikan Postiga.

Well, gaya permainan yang terbuka dan bermain cepat dari kaki ke kaki yang mampu diperagakan kedua tim dengan baik, tentunya kita berharap disuguhkan pertandingan yang tidak membosankan. Spanyol tidak diragukan lagi diunggulkan dilihat dari sisi teknis permainan dan kedalaman skuadnya, terkecuali pada sisi penyerang, sementara Portugal memiliki pemain yang punya kecepatan dan naluri menyerang yang tidak kalah dari Spanyol, jadi mari kita tunggu saja pemenang diantara mereka, karena bisa jadi siapapun pemenangnya akan menorehkan catatan sejarah dalam Piala Eropa.

Sampai ketemu dalam ulasan pertandingan berikutnya.

1 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang Portugal Versus Spanyol

    BalasHapus

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...