Final Piala Eropa (Kilas Balik) Final Piala Eropa (Kilas Balik) | Sharing Moments Final Piala Eropa (Kilas Balik) | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Jumat, 29 Juni 2012

Final Piala Eropa (Kilas Balik)


Akhirnya sampai juga kita di final Piala Eropa 2012, pertandingan yang akan dimainkan tanggal 1 Juli 2012 jam 08.45 waktu setempat atau tanggal 2 Juli 2012 pukul 01.45 WIB akan mempertemukan kembali Juara dan Runner Up  C yaitu Spanyol dan Italia. Bagi Spanyol ini merupakan final keempatnya setelah Piala Eropa 1964 (juara), 1984 (Runner Up) dan 2008 (Juara), sementara bagi Italia tampil di Final Piala Eropa kali ini menghapuskan penantian 12 tahun dan merupakan final ke-3 bagi mereka setelah sebelumnya menjadi juara pada Piala Eropa 1968 dan Runner Up di tahun 2000. Jadi final ini memiliki arti tersendiri buat masing-masing tim, jika Spanyol menang maka mereka menciptakan sejarah menjadi Negara pertama yang meraih trofi 2 kali berturut-turut sementara untuk Italia jika mereka berhasil memenangkan pertandingan menghapuskan puasa gelar selama 24 tahun di kancah Piala Eropa.

Sekedar refresh, pada saat pertandingan grup yang lalu hasil pertandingan 1-1, gol masing-masing dicetak oleh Antonio Di Natale untuk Italia dan Cesc Fabregas untuk Spanyol. Ini merupakan hasil seri ke-2 sepanjang pertemuan mereka dlm Piala Eropa setekah sebelumnya pada Piala Eropa 1980 di Italia mereka juga berada dalam 1 grup dan ketika itu berbagi angka 0-0, Italia akhirnya lolos sampai ke semifinal sementara Spanyol kandas di putaran grup setelah menjadi juru kunci.

Sepanjang perhelatan Piala Eropa sudah 4 final mempertemukan tim yang sebelumnya bertemu dalam babak putaran grup yaitu pada masing-masing pada Piala Eropa 1988, 1996 dan 2004, namun hanya pada Piala Eropa 2012 pertemuan para finalis sebelumnya di pertandingan grup berujung seri. Belanda pada Piala Eropa 1988 menjadi juara dengan mengalahkan Uni Sovyet yang pada pertandingan sebelumnya di grup B kalah 0-1. Kemudian pada Piala Eropa 1996, Jerman yang pada pertandingan grup C mengalahkan Rep. Ceko 2-0 kembali menang melalui babak perpanjangan waktu lewat Golden Gol Oliver Bierhoff di partai puncak sekaligus meraih gelar ke-3 dan sampai saat ini merupakan gelar terakhir Jerman di Piala Eropa. Dan pada Piala Eropa 2004 yang diadakan di Portugal, Yunani berhasil dua kali mengalahkan tuan rumah Portugal, pada putaran Grup Yunani menang 2-1 sementara pada partai puncak Yunani menang 1-0 lewat gol Charisteas dan memboyong gelar pertama Piala Eropa bagi Yunani.

Rekor pertemuan antara Spanyol dan Italia sendiri cukup berimbang dimana dari 30 pertandingan Italia unggul 10 kali dan Spanyol unggul 8 kali sisanya 12 kali seri. Sementara dalam 7 pertandingan terakhir Spanyol sedikit lebih baik yaitu unggul 2 kali dan Italia unggul sekali sementara 4 pertandingan lainnya berujung seri.

Untuk Piala Eropa sendiri catatan pertandingan antara keduanya juga berimbang dengan masing-masing menang sekali yaitu Italia pada putaran grup Piala Eropa 1988 sementara Spanyol menang melalui adu pinalti pada babak perempatfinal Piala Eropa 2008 yang lalu dimana akhirnya Spanyol menjadi Juara.
Demikian sekilas tentang pertemuan Italia versus Spanyol, dalam tulisan yang lain saya akan coba bedah kekuatan ke-2 tim. Sampai jumpa…

1 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang Final Piala Eropa (Kilas Balik)

    BalasHapus

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...