Time for Reflection Time for Reflection | Sharing Moments Time for Reflection | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Selasa, 18 Oktober 2011

Time for Reflection


18 Oktober, 35 tahun yang lalu seorang bayi laki-laki dilahirkan dari sebuah keluarga batak, dia merupakan anak pertama di keluarga. Kelak bayi mungil tersebut diberi nama Hary Oktavianis Sinaga. 

Harapan keluarga tersandar padanya, menjadi contoh bagi adik-adiknya kelak, memberikan manfaat pada sesamanya, berbakti pada kedua orangtuanya, dan bertakwa pada Tuhannya, harapan lainnya adalah kelak memiliki keluarga sendiri yang dapat menambah kebahagiaan hidupnya. 

Well, begitulah kira-kira harapan setiap orangtua ketika seorang anggota keluarga baru hadir dalam hidup mereka, satu-dua harapan lain bisa saja terselip diluar harapan diatas, tapi itu sudah jadi standar umum. Pun begitu ketika anak tersebut merayakan hari jadinya mulai dari kecil hingga dewasa bahkan hingga kehidupannya senja menjelang, teman, sahabat, keluarga, relasi, tetangga datang dengan doa dan harapan yang kurang lebih sama. 

Bagaimana dengan anak itu sendiri, justru disaat demikian adalah waktu yang baik dimanfaatkan untuk merenung, menengok kembali apa yang sudah dilakukan selama ini, merefleksikan diri atas perjalanan yang sudah ditempuh, dan berkaca pada diri atas pencapaian yang sudah diraih, adakah doa dan harapan orangtua mulai dari waktu kelahiran dan setiap hari kelahirannya dikenang sudah terwujud saat ini? 

Tidak mudah menjawabnya, sebagian mungkin terlihat secara kasat mata, namun ada bagian-bagian lain yang tidak mudah dilihat begitu saja. Bagaimana ia tahu bahwa dia sudah menjadi contoh dan teladan bagi adik-adiknya, bagaimana ia tahu bahwa ia telah mendatangkan manfaat bagi orang-orang disekitarnya, atau bahkan apakah ia sudah menjadi anak yang berbakti pada orangtuanya? 

Begitupun bicara kebahagiaan, apakah dia sudah benar-benar bahagia dengan kehidupan yang dijalaninya sekarang? Setiap orang diluar dirinya berhak menilai, namun jawabannya perlu dikembalikan pada anak tersebut. Tidak sekali dua kali mungkin dia telah melukai hati orangtuanya, atau bahkan keluarganya, seberapa sering ia berperilaku buruk sehingga tidak pantas menjadi teladan atau contoh bagi adik-adiknya, heemmmmm.....kalo sudah seperti ini sepertinya apa yang selalu didoakan tersebut masih jauh dari dikatakan terwujud. 

Waktu-waktu seperti ini selalu mengembalikan kenangan-kenangan bagiku ke masa lampau, sungguh banyak sekali sikap dan perilaku yang mungkin sudah membuat keluarga kecewa, atau terlalu sering melakukan tindakan yang menorehkan luka pada teman dan sahabat terdekat, jika sudah seperti ini justru saat ini saya lebih sering sujud memohon ampun pada Allah Yang Maha Kuasa, berharap keridhoan dan ampunanNYA, berharap belas kasihNYA seraya bersyukur atas kesempatan yang datang untuk memperbaiki diri. 

Sungguh terlalu banyak nikmat yang sudah DIA karuniakan dalam hidup ini, dan apa imbalannya? apa yang sudah saya lakukan bagiNYA? jangankan berbuat banyak bagi DIA, melakukan sesuatu bagi sesama dan membahagiakan orangtua saja masih luput saya lakukan. Ya Allah, saat ini hamba datang memohon ampunanMU, buat hamba menjadi umat yang selalu mengingat akan Engkau, bertakwa kepadaMU, mencintaiMU, mengasihiMU, menyayangiMU tidak hanya dengan mulut tapi dalam setiap tindak laku hamba, karena hamba yakin jika hamba bisa melakukannya doa-doa yang dipanjatkan orangtua, keluarga, sahabat, teman akan terjawab dengan sendirinya, menjadi manusia yang mendatangkan manfaat bagi sesama dan memberikan kebahagiaan bagi orangtua dan keluarga.

Teringat sebuah ungkapan, “Semoga kamu mendapat cukup kebahagiaan untuk membuat kamu bahagia, cukup cobaan untuk membuat kamu kuat, cukup penderitaan untuk membuat kamu menjadi manusia yang sesungguhnya, dan cukup harapan untuk membuat kamu positif terhadap kehidupan.”

5 komentar:

  1. Like this..
    Happy milad Bro..
    Barokallohu fii umurik

    BalasHapus
  2. Thanks brader....doa yang sama untuk ente ya ;)

    BalasHapus
  3. mantapppppp
    HBD yaa..traktirrrrrrrrrrrr

    Eka Kurniawan
    Ex. Internal Audit Adira Insurance :D

    BalasHapus
  4. hahaha.....thanks Ka, better late then never :D
    traktirannya di nanti aja bareng Celebes :D

    BalasHapus
  5. Better late then never jg nih gan....
    Hepi milad ya, moga sukses selalu (from Banten)

    BalasHapus

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...