AYO INDONESIA BISA....!!!! AYO INDONESIA BISA....!!!! | Sharing Moments AYO INDONESIA BISA....!!!! | Sharing Moments Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan , memberikan inspirasi bagi sesama agar hidup ini menjadi lebih bahagia

Senin, 21 November 2011

AYO INDONESIA BISA....!!!!


Setelah mengalahkan Vietnam di semifinal  Sepakbola SEA Games ke-26 Indonesia akan menantang sang juara bertahan Malaysia di Final yang sedianya akan dipertandingan malam ini 21 November 2011 di Stadion GBK Senayan, Jakarta untuk memperebutkan emas. Dari tahun 90-an sampai sekarang sepakbola di kawasan Asia Tenggara dalam hal ini SEA Games dikuasai Thailand, tercatat dari 10 kali final SEA Games mulai tahun 1991 sampai sekarang negeri Gajah Putih tersebut telah memenangkan 8 kali pertandingan final dari 8 kali mereka melaju ke Final, itu artinya setiap mereka melaju ke final selalu berhasil memenangkan pertandingan. Sementara Indonesia dan Malaysia masing-masing memenangkan 1 pertandingan, yang kebetulan sama-sama 2 kali melaju ke final selama 10 tahun terakhir.

Mengalahkan Vietnam yang merupakan kekuatan baru sepakbola Asia Tenggara sebenarnya sebuah pencapaian yang bagus, ini mengingat Vietnam hanya absen 3 kali dari 8 final terakhir. Mereka memang tidak pernah juara dari 8 final tersebut, namun hal ini menggambarkan kekuatan Vietnam diatas rata-rata sepakbola Asia Tenggara.

Aroma lapar prestasi masyarakat pencinta sepakbola tergambar dari tingginya animo masyarakat setiap kali TIMNAS Indonesia melakukan pertandingan, bukan hanya TIMNAS senior tapi juga saat Garuda-Garuda Muda (GGM) melakukan pertandingan. Bukan hanya didalam stadion, diluar stadionpun dipadati penonton, yang belakangan selalu disediakan 3 buah layar lebar diseputar GBK. Bukan itu saja, hampir disetiap Mol atau café kita temukan acara-acara NonBar baik dilakukan pihak mol/café maupun komunitas-komunitas yang ada di masyarakat, bahkan saya juga sempat melihat gelaran acara NonBar yang diadakan di lingkungan-lingkungan perumahan.

Kali ini TIMNAS kembali bertemu lawan “special”, Malaysia. Entah sejak kapan, setiap melawan Malaysia selalu ada emosi berbeda yang dirasakan, bahkan mungkin tidak hanya pada pertandingan sepakbola tapi diseluruh pertandingan yang mempertemukan Indonesia dengan Malaysia. Banyak yang menganalisa hal ini dampak dari sejarah baik itu dalam olahraga maupun diluar olahraga. Mulai dari jamab Bung Karno sampai era terakhir dimana Malaysia seringkali meng-klaim apa yang dimiliki Indonesia.

Ini waktunya kita untuk bangkit. Indonesia terakhir masuk final 14 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1997 yang kebetulan juga dihelat di Jakarta, pada saat itu lawan yang kita hadapi kekuatan utama Asia Tenggara, Thailand. Lebih parahnya lagi terakhir kita merebut emas sepakbola pada 20 tahun lalu, pada saat Sea Games diadakan di Philipina tahun 1991 bertemu lawan yang sama, Thailand. Bertemu lawan yang special setelah lama tidak berada dipuncak membawa emosi ke level tertinggi, kalau tidak saat ini mau kapan lag??? Menjadi juara umum setelah terakhir 14 tahun lalu  adalah sebuah pencapaian yang sangat baik, dan itu akan terasa lebih indah jika kita bisa merebut emas dari cabang sepakbola.

Sukses pembukaan, Sukses Juara Umum, Sukses penutupan dan SUKSES EMAS SEPAKBOLA…!!!! AYO INDONESIA BISA

0 comments:

Poskan Komentar

Sharing Moments, Berbagi Untuk Kebaikan...